Cerpen motivasi paling bijak karya Chairani

           Mimpi anak pedalaman
        
             Karya : Chairani

Pendidikan sangat penting, karena suatu saat kita akan menemukan jalan menuju masa depan dengan sangat mudah.
Semua berawal dari niat, selagi mau mencoba dan berusaha pasti ada jalan. Di sebuah desa terpencil tinggal lah anak bernama Andi, sejak kecil tinggal bersama nenek. Ia di titipkan karena kedua orang tuanya berpisah ibu yang tidak jelas keberadaanya dan ayah menikah lagi dengan seorang janda. Subuh sebelum berangkat sekolah Andi menyiap kan dagangan yang akan di jual.
Jarak dari rumah ke sekolah menempuh waktu 1 jam untuk sampai ke lokasi. Jarum jam sudah menunjukan jam 06:00,waktunya Andi berangkat menuju ke sekolah dengan berjalan kaki. Meskipun tidak mengenakan seragam sekolah ia sangat bersyukur bisa melangkahkan kaki untuk menuntut ilmu,walaupun hanya mengenakan baju seadanya. Dalam perjalanan ia harus menyebrangi jembatan layang berkondisi sudah tua bahkan ketika hujan jembatan yang licin dapat membuat ia terpeleset dan terjatuh kedalam sungai. Sampai di sekolah saat nya masuk kelas proses pembelajaran akan di mulai, sekolah yang hanya berdinding kayu berlantai tanah, atap sekolah melindungi dari hujan dan panas cuma terbuat dari terpal, kondisi persis gubuk seadanya jauh dari megahnya bangunan sekolah yang ada di perkotaan. Apalagi kalau musim hujan jalan becek berlumpur, para guru pun tidak masuk sekolah. Meskipun keadaan fasilitas yang tidak memungkinkan namun generasi penerus bangsa ini mempunyai semangat yang luar biasa. Andi yang duduk di bangku SD ini mempunyai keinginan besar menjadi pengusaha sukses kelaknya dan membelikan rumah baru buat nenek yang sudah merawat sejak kecil,ia ingin menjadi generasi muda yang berkualitas berguna bagi bangsa.
Pulang sekolah ia berkeliling menjajakan donat seharga 2000,meskipun terlahir dari keluarga kurang mampu ia tidak malu,uang hasil dagangannya di beri kepada nenek untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

Kesimpulan : cobaan hidup terjadi karna Tuhan punya alasan yang tepat, jangan berhenti dan menyerah, kamu harus terus melangkah dan jangan takut untuk mencoba.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer